Breaking News
Loading...
Tuesday 21 May 2013

Inilah Perbedaan BlackBerry Q5 Dengan BlackBerry Q10

09:47
Headline


BlackBerry, baru-baru ini mengumumkan kehadiran smartphone BlackBerry 10 segmen menengah, BlackBerry Q5, menyusul kehadiran smartphone lainnya dengan konsep serupa, BlackBerry Q10.

Melihat cara BlackBerry memposisikan keduanya di pasar, untuk membandingkan keduanya harus dilihat dari desainnya terlebih dahulu. Meskipun terlihat mirip dalam hal ukuran, desain Q5 tentu tidak memiliki rasa premium ala Q10. Selain itu desain Q5 juga tidak memiliki portmicro HDMI.

Dilansir Pocket-lint, BlackBerry Q5 memiliki layar sentuh 3,1 inci beresolusi 720 x 720p IPS LCD, berbanding dengan layar Super AMOLED di Q10. Meskipun berbeda fitur, tetapi kualitas layar keduanya sangat identik dengan perbedaan yang sangat tipis.

Lanjut ke kualitas kinerja. Keduanya tidak memiliki perbedaan besar dalam segi prosesor. Keduanya memiliki prosesor dual-core, 1,2 GHz untuk Q5 dan 1,5 GHz untuk Q10 dengan kapasitas RAM yang sama, yakni 2GB. Efisiensi dari OS BB10 menyebabkan perbedaan kinerja di antara keduanya sangat sulit dilihat.

Perbedaan cukup mencolok di antara keduanya adalah pada sisi memori dan kamera.
Kapasitas penyimpanan Q10 lebih unggul dari Q5. Q10 memiliki memori internal sebesar 16GB dan dukungan MicroSD hingga 64GB, sedangkan memori internal Q5 sebesar 8GB dengan dukungan MicroSD sebsar 32GB, atau setengah dari kapasitas Q10.

Kamera Q10 memiliki megapiksel yang lebih banyak yakni 8 megapiksel dengan Q5 yang hanya sebesar 5 megapiksel. Perbedaan kamera ini dipastikan ditujukan untuk menekan harga Q5.

Sementara dalam hal baterai, keduanya sangat identik. Sama-sama memiliki kapasitas baterai 2.100 mAh. Perbedaannya hanyalah baterai di Q10 removable atau dapat dilepas, dan Q5non-removable atau baterai permanen.

Kesimpulannya adalah meskipun rentang perbedaannya tidak terlampau jauh, BlackBerry menghadirkan Q5 untuk pasar di negara berkembang.
Jadi jika Anda ingin memiliki BlackBerry OS BB10 dengan spesifikasi yang terhitung mengesankan namun berharga murah, Anda dapat memilih Q5.

Sedangkan jika Anda menginginkan pengalaman menggunakan BB10 dengan kualitas terbaik sepenuhnya, Q10 patut dimasukkan dalam daftar belanja gadget Anda tahun ini.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer